Iklan header

8 tips mengatasi tekanan saat menganggur

for your information

        Menganggur, bagi semua orang adalah hal yang ngebosenin. selain ngebosenin nganggur juga bikin jenuh bagaimana nggak hari hari cuman makan, tidur abis itu makan, tidur lagi heh...
selain itu kadang nganggur bikin orang jadi tertekan, kok bisa sampai tertekan, nah mungkin tekanan itu bisa datang dari 2 hal yaitu dari dalam diri sendiri dan dari luar atau orang lain bisa juga dari kedua duanya.
     tekanan dalam diri itu berasal dari pikiran kita sendiri, yang biasanya karena kita malu terhadap orang disekitar karena dipikiran orang orang disekitar membicarakan hal kurang enak dibelakang kita, bisa juga karena kita tidak enak hati dengan keluarga semisal ayah dan ibu karena terlalu bergantung.
       sedangkan tekanan dari luar biasanya ada karena apa yang kita pikirkan itu memang terjadi, dan memang itu sering terjadi, kita yang merasa baik baik aja gak ada masalah atau ngusik hidup orang lain eh tiba tiba diomongin. dan itu dari orang lain terkadang juga dari keluarga sendiri yang menggubris kita dan menyuruh kita mencari kerja supaya tidak menambah beban hidupnya.
         nah kalo udah kek gitu keknya hidup kita terusik dan bikin tekanan yang bisa bikin orang stress terus frustasi abis itu depresi dan ujung2nya bisa lebih fatal dan berlanjut jika tidak ditanggani. wah gawat kalo kek gitu
           nah disini gua mau bagi sedikit tips yang mungkin bisa ngebantu kalian ketika dalam keadaan tertekan seperti yang gua bilang tadi :

1.  sibukan diri, bantuin aja siapa aja, contoh bantuin emak nyapu rumah atau bersih bersih rumah bisa juga bantu kerjaan babe kalian apapun itu kerjaanya, kalo kalian tinggal jauh dari orang tua kalian bisa olahraga, selain kalian sibuk dengan olahraga badan kalian akan sehat, pikiran juga bakal lebih jernih sehingga bisa berpikir lebih positif.

2. ngikut kerja dengan kerabat atau saudara, banyak orang yang nganggur mencari inisiatif dengan ngikut kerja dengan sauadara disini hanya sekedar membantu sementara, sampai kalian menemukan pekerjaan yang cocok buat kalian.

3. hubungi teman lama dan cari referensi sebanyak banyaknya, informasi bisa datang dari mana saja dan kadang tidak terduga, kadang informasi itu bisq berasal dari teman lama kalian, so hubungi teman lama kalian cari di cheklist dan buat kontak yang baik ulang, selain itu juga kalian harus banyak bayak cari referensi, dan sekarang cari referensi itu udah mudah kok, banyak media yang bisa dijadikan refensi contohlah medsos.

4.bikin usaha sampingan sementara seperti berjualan apapun itu yang penting halal, mungkin kalian bisa bantu jualin dagangan orang, gak usah gengsi, pikirkan ini untuk sementara saja, kalian juga bisa jual online baju, makanan apa kek gitu.

5. ambil bagian pekerjaan umum dan merakyat, kadang cuman mau jadi karyawan ditoko atau jadi sales aja susah banget ya karena sedikitnya toko toko yang butuhin karyawan, terus pekerjaan umum yang seperti apa yang ada peluang, ya seperti jadi tukang ojek, kalian tau sendiri kan banyak banget orang yang nganggur beralih jadi tukang ojek, jadi tukang ojek itu gak terikat kontrak jadi kalian bebas, jadi kalo dirasa pendapatan dah cukup bisa berhenti, beda dengan ikut orang yang selalu terikat.

6. ikuti kursus yang kalian suka, daripada kalian nganggur mending kalian mengikuti kursus, walauapun mengeluarkan budget setidaknya dengan mengikuti kursus kalian akan memiliki keahlian dan mengasah skill kalian. tapi jika kalian tidak mau ngeluarin budget ada juga kok yang gratis, ya seperti poin no.7 dibawah ini.

7. daftar aja di BLK atau balai latihan kerja yang ada didaerah kalian, balai latihan kerja ini termasuk program pemerintah yang bertujuan memberikan skil atau keahlian tertentu yang kedepanya bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat mengurangi pengangguran di indonesia.
            Dan saya rasa selama ini BLK cukup efektif kok, banyak yang sudah bekerja seusai dari BLK, malah ada juga yang sampai sukses dan bikin lowongan kerja bagi orang lain wow, dan yang menarik program BLK ini gratis tis tis, malah kalian bisa dapat komisi dari BLK atas kinerja kalian, karena BLK sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah.

8. Ngeblog atau jadi seorang blogger,
dari pada tiap hari mencetin hp kagak ada guna mendingan kalian ngeblog atau nulis artikel untuk dibagikan dan dibaca orang lain, dan jika blog klian menarik dan banyak yang suka, blog kalian bisa jadi penghasilan loh dan hasilnya sangat relatif semakin banyak pengunjung atau yang baca blog kalian maka penghasilan kalian akan semakin banyak, tapi masalahnya blogger udah sangat banyak dam sangat kreatif tapi menurut gua asalkan niat kalian kuat, konsisten dan kreatif kalian bisa kok bersaing dengan blogger lainya.

 oke itu sedikit tips dari gua semoga bisa membantu kalian yang dalam tekanan karena menganggur. oke guys  selamat mencoba

1 Komentar untuk "8 tips mengatasi tekanan saat menganggur"

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel