Iklan header

Membaca Niat puasa untuk 1 bulan sekaligus apakah di terima...?




      Ramadhan tiba Ramadhan tiba marhaban ya ramadhan, yah menjelang bulan puasa pasti lantunan lagu itu mulai sering terdengar di telinga kita, nah apa sih hal pertama yang wajib dari puasa, apalagi kalau bukan niat.

Niat puasa bisa di lakukan setelah sholat tarawih berjamaah atau sebelum tidur, tapi sunnahnya adalah mendekati waktu imsya' dan sering di sebut dengan sahur.....

Tapi terkadang ketika sahur bisa jadi kita lupa doa sahur atau mungkin hanya membaca basmalah ketika makan sahur, jadi inginnya niat untuk berpuasa dirangkap jadi 1 bulan sekaligus, apakah itu dibolehkan dan apakah sah....???

Jadi penjelasan singkatnya adalah menurut Madzhab HANAFI niat puasa sebulan sekaligus itu sah sebagai untuk berjaga-jaga apabila suatu hari lupa membaca niat berpuasa di malam hari, tapi beliau juga menganjurkan untuk niat berpuasa setiap malam.

sedangkan menurut Madzhab SYAFI'I niat puasa diwajibkan untuk dilakukan setiap malam, apabila membaca niat sebulan sekaligus maka yang diterima puasanya hanya hari pertama saja.

Sekarang tinggal anda sendiri ingin mengikuti madzhab yang mana....??

Kalau saya boleh saran mending niat puasanya dilakukan setiap malam jika hati kalian ragu tapi kalo yakin yah niatkan saja sebulan sekaligus.

Mungkin masih ada yanh belum paham apa itu MADZHAB....???

Dilansir dari wikipedia
Mazhab (Arab: مذهب‎; mażhab) adalah penggolongan suatu hukum atau aturan setingkat dibawah firkah, yang dimana firkah merupakan istilah yang sering dipakai untuk mengganti kata "denominasi" pada Islam. ... Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya.

Diperjelas pengertian Madzhab menurut fiqih adalah hasil ijtihad seorang imam ( mujahid ) tentang hukum suatu masalah yang belum di tegaskan oleh nash. Jadi masalah yang menggunakan metode ijtihad adalah yang berupa dzonni atau prasangka dan bukan sesuatu yang sudah ditetapkan, misal kenapa sholat 5 waktu itu sudah ketetapan dan tidak bisa kita berprasangka harus sekian sebab merasa 5 waktu itu masih berat dilakukan.

Nah ijtihad imam itu sendiri ada 2 imam besar dalam islam yaitu imam HANAFI dan imam SYAFI'I.

Demikian penjelasannya tentang niat puasa dibulan Ramadhan.



Belum ada Komentar untuk "Membaca Niat puasa untuk 1 bulan sekaligus apakah di terima...?"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel