Iklan header

Buka rekening BRI menggunakan KTP lama



      Selamat pagi semua......
Karena saya membuat artikel ini dipagi hari, jadi semoga kalian sedang dalam keadaan yang sehat baik jasmani maupun rohani amin.

Kali ini saya mau bagi sedikit pengalaman saya ketika saya ingin membuka rekening bank menggunakan KTP lama (belum elektronik ).

Jadi Waktu itu saya berencana mau buka rekening BRI simpedes, lalu berikut ini adalah persyaratan membuka rekening BANK BRI dan BANK lainnya pada umumnya :

~ KTP / SIM asli ( punya sendiri )
~ NPWP atau sejenisnya
~ siapkan uang untuk setoran pertama
(Bawa saja 350ribu buat jaga2)

Iya hanya itu saja, Namun beberapa BANK lain mungkin punya syarat lainnya yang harus dipenuhi

Dan menurut saya dan sebagian orang banyak membuka rekening di bank BRI lebih mudah ketimbang bank lainnya.

Disini sebelumnya saya belum pernah buka rekening di bank manapun, waktu itu saya hanya memiliki KTP lama yang masih aktif

Saya juga membawa SIM (masih berlaku) untuk berjaga2 jika KTP saya tidak disetujui

Saya berangkat hari jum'at membawa uang 500ribu, yang pasti KTP dan SIM

saya berangkat sendiri jam setengah 10 , sampai di bank dan membuka pintu ada satpam pastinya hanya saja, maaf terkadang satpam cuek dengan beberapa orang contohnya saya karena saya masih muda (22tahun) dikira gak cukup duit, jadi anda lah yang harus bertanya

Ketika saya masuk saya langsung tanya dengan satpam disitu
" permisi saya mau buka rekening ", jawab satpam " ada ktp asli gak....? ",  saya " oh ada pak ", saya tunjukan ke dia habis itu dia ambil dan dia perlihatkan ke Costumer Servis, waktu itu CSnya cewek dan dia kulihat mengangguk saat diperlihatkan KTP ku sama si satpam tandanya bisa

Setelah itu satpam balik dan ngasih kembali KTP saya, dan dia ambilkan juga nomor antrian CS waktu itu dapat no. Antrian 714

Dan kulihat sudah jalan di nomor 712 jadi tinggal nunggu 1 orang lagi, dan yang antri adalah orang yang buka rekening baru

Untuk prosesnya yah kurang lebih 1 jam perorang, lumayan lama menunggu akhirnya giliranku, dan ada 2 CS

Aku duduk dibangku CS 2 dan ditanya " mau bikin rekening.. " iya jawabku sambil ngasih KTP lama inilah percakapanku dengan CS,

 Ket :            Cs: costumer servis
                     N : calon nasabah (saya)

Cs : ini KTP lama yah

N : iya mbak, tidak bisa yah...

Cs : bentar ya ( dia tanya Cs disebelahnya )
      " Gimana nih bisa gak ", temanya tanya           balik " masih aktif gak ", dia lihat " oh             masih aktif sampai tahun depan ", " oke         coba cek aja apa sudah terdafatar... ",

N : tidak bisa yah mbak (siap2 ngeluarin             SIM)

Cs : bentar yah ( sambil ngecek identitas               ktp saya di komputer ), oh bisa dek

N : alhamdulillah ( dalem hati )

Cs : sudah bikin KTP baru belum....

N : sudah kemarin tapi masih lama                      prosesnya (padahal belum)

Habis itu aku suruh ngisi formulir karena gak punya NPWP ( semacam pajak penghasilan ), oke semua sudah jelas
Abis itu ditanya

Cs : mau kasih uang setoran pertama                     berapa dek....?

N : 300ribu, dan sesaat aku sedang mikir            dalam hati, kok gak ditanya pilih                    tabungan apa.... ah mungkin mbaknya          sudah tahu aku bakal pilih simpedes              karena aku kan masih muda gak cukup        penghasilan

Setelah itu saya dapat buku tabungan dan disuruh untuk setor uang ke teller bank tanpa mengantri, selesai setor saya duduk ke tempat tunggu lagi menunggu sebentar Cs layani calon nasabah lain

Dalam hati saya bingung " ini tabungan BRI apa kok buku tabungannya warna hitam, padahal simpedes kan warnanya orens apa ini yang baru "

Tak lama saya bolak balik itu kartu dan ternyata itu tabungan BRITAMA.

Okelah sudah terlanjur tidak apa-apa

Habis itu saya dapat kartu ATM dan disuruh buat ganti kata sandi, dan kini saya punya rekening bank

Ada banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman saya membuat rekening bank pertama kali, karena saya juga memperhatikan calon nasabah lainnya juga

~ bawalah KTP elektronik domisili setempat, disini diartikan ketika anda ingin buka rekening, anda harus punya eKTP yang dibuat didaerah tempat anda  ingin membuat rekening, dan yang pasti ktp sudah elektronik

Mengapa saya bisa buka pakai ktp lama...
Mungkin itu hanya keberuntungan semata
Dimana ktp lama saya masih aktif dan bank tersebut memberi syarat mudah, karena untuk BANK lain sudah harus eKTP, ktp lama tidak bakal diterima

lalu bagaimana jika eKTP saya diluar domisili (buatnya di daerah lain) yang berbeda dengan daerah cabang bank yang ingin saya buka rekening

Tetap bisa hanya saja saya harus membawa surat keterangan domisili luar, gimana cara dapatkan surat domisili luarnya... mungkin itu akan saya bahas lain kali, yang pasti anda sekarang anda sudah tahu hal itu

Tapi ini kan eKTP.... yah walaupun sudah eKTP, tapi tetap saja ada info keterangan domisili asal daerah dimana anda membuat eKTP tersebut, coba perhatikan kembali KTP anda

~ tentukan jenis tabungan dan setoran awalnya, jangab melebihi batas setoran awal yang sudah ditentukan karena jika melebihi kasuanya bakal sama seperti saya
Yang dimana setoran awal BRI simpedes 100.000 dan BRITAMA 250.000


Saya yg awalnya niat memilih tabungan BRI simpedes malah mendapat BRI britama karena uang setoran saya yang berlebihan yaitu 300ribu setara setoran awal BRITAMA

Dan ada baiknya ketika anda ditanya ingin setoran awal berapa, anda tanya balik " setoran awal untuk jenis tabungan ini (jenis tabungan yang anda inginkan ) berapa....? "

~ datanglah ke kantor cabang bank terdekat sekitar hari senin - kamis, dan berangkatlah dijam buka awal yaitu jam 8 pagi, ini untuk menghindari antrian panjang yang memakan waktu, walaupun antrian CS itu sedikit tapi satu orang saja cukup memakan waktu lama dan berbeda dengan teller yang meskipun padat tapi cepat prosesnya tidak memakan waktu lama

Sebenarnya hari jum'at juga bisa hanya saja waktunya tidak cukup karena akan tutup sebentar diwaktu sholat jum'at

Itu saja saya masih beruntung karena antrian cuman nunggu 1 orang saja.

Sekian terima kasih semoga dari pengalaman saya membuat rekening yang sebelumnya belum pernah, bisa anda ambil hikmah atau pelajarannya khusus buat anda yang belum pernah buat rekening bank dan berangkat sendiri tanpa ada yang mendampingi

Terima kasih



     




Belum ada Komentar untuk "Buka rekening BRI menggunakan KTP lama"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel