Iklan header

cerita dongeng pendek | kenapa ular sawah tidak berbisa

  " Ular sawah tak berbisa "

        Dahulu kala ular sawah atau Sanca memiliki bisah yang mematikan. Tapi karena perbuatannya dimasa lalu bisahnya sudah tidak mematikan lagi.
       
         Begini ceritanya.....

        Dahulu kala hidup tiga hewan yang saling bersahabat, Ular sanca , Kancil , dan keong sawah, mereka hidup di dekat Sungai Lahan Persawahan.

        Suatu hari ketersediaan makanan didarat mulai susah didapat karena akan memasuki musim kemarau, Air sungai yang deras dan tinggi pun mulai surut,

       Banyak hewan yang mengalami kelaparan dan juga mati tak terkecuali Ular sanca yang mulai mengalami kelaparan, Dan diapun mulai resah, Kemudian dia mencari-cari akal, dia mulai berpikir sambil berjalan-jalan di tepi sungai.

       Di saat dia berpikir sambil berjalan dan memandangi sekelilingnya, Tiba tiba dia melihat banyak ikan disungai yang timbul kepermukaan air, sesaat setelah dia melihat ikan tadi muncullah sebuah ide dibenaknya.
Kode Adsense Here
          Diapun bergegas pergi mencari kancil dan keong. Dan kemudian bertemulah ular dengan kancil yang sedang sibuk mencari makanan disekitar Lahan Persawahan.

         Ular :   haii,,  kancil, sedang apa                                    kau disini....?
       
         Kancil :  kau tak lihatkah aku sedang                             sibuk mencari makan

         Ular :   ooh,,  kau tidak lelahkah                                    kancil...?
                      percuma cari makanan disini,                          takkan ada apa-apa disini ini                            kan dekat musim kemarau
       
        Kancil :   iya juga sih lar...
                         tapi kalo aku tidak mencari                              disini, mau cari kemana...?

        Ular  :   hmm..... tenang kancil aku                                ada ide nih. kalo kamu mau                              ikut bantu rencana aku, kamu                          pasti bakal dapat banyaakkk.....                        makanan

     Kancil :  haha... betulkah ularr... mana                          ada banyak sekali makanan                              dekat musim kemarau

     Ular :  owh..owh..owh..
                 ada dong kancil, tenang saja aku                     akan kasih tau kamu gimana          caranya asal kamu mau ikut rencana aku, jadi mau apa tidak...?

        kancil :   baiklah ular aku mau ikut                                rencana kamu, tapi gimana                              carannya...?

         Ular :  oke kancil....   sekarang mari                             ikut aku.

" ular pun pergi bersama kancil. ular pergi kembali ke tepi sungai dimana dia melihat banyak ikan yang muncul ke permukaan air ".
     
       dan sampailah ular dan kancil ke tempat tujuan.

        ular  :   oke kancil coba lihat itu...
                    ( banyak ikan bermunculan
                       dipermukaan air )

   kancil :   woow... banyak sekali ikannya                         larr. "ucap kancil dengan mulut                                                               ternganga "

       ular :  apa aku bilang ncil.... aku tidak                           bohong kan !!!

kancil :   baik aku percaya sekarang, tapi                      bagaiamana caranya kita menangkap ikannya...?   airnya kan masih cukup dalam.

       Ular :  Oh gampang kancil... aku tau                           caranya. jadi gini, coba kamu bikin bendungan di sisi kanan dan kiri sungai, ditengah-tengah sungai yang banyak ikannya ini.
        Lalu nanti aku akan minum airnya dan memuntahkannya kelahan Sawah yang kering. dan setelah airnya terkuras habis ikannya pasti mudah diambil dan tinggal kita makan, gimana......?

       Kancil :  baiklah ular,  aku akan bikin bendungan, tapi aku tidak bisa sendiri jadi aku akan minta bantuan sahabatku keong.

        " Kancil pun pergi membuat bendungan dengan bantuan sekumpulan keong yang banyak dengan saling menumpuk dan kemudian membelah aliran sungai "

        " Bendungan pun jadi dan kemudian giliran ular menguras air sungai, dengan cara meminum dan memuntahkannya ke lahan sawah yang kering. tak lama kemudian air sungai pun terkuras, ikan pun kelihatan jelas dan juga mudah untuk dambil ".

       " melihat ikan yang begitu banyak, ular pun gelap mata dan melupakan kancil, ular langsung memakan semua ikan yang ada, dan tidak menyisakan kancil sama sekali "

      " lama menunggu akhirnya kancil mendatangi ular,  dan ketika sampai di tempat kancil pun terkejut ketika melihat permukaan air sungai yang kering dan tidak ada ikannya sama sekali "

      " kancil pun terkejut lagi ketika melihat perut ular yang sangat besar, dan saat itu kancil mulai curiga dan bertanya ".

    kancil :  hai ular kenapa ikannya tidak ada sama sekali....   dan kenapa perut kamu tiba-tiba besar sekali....apa jangan jangan kamu makan semua ikan yang ada....?

  " ular pun menjawab dengan ragu dan             takut ".

       ular :  eh...eh...  maaf kancil,, aku tidak sengaja memakan semua ikannya... aku gelap matalah kancil,,  melihat ikan yang baanyak..... sekali

       Kancil :  oh jadi begitu, harusnya kan kamu bisa menahan untuk tidak makan semuanya larr,,, " ucap kancil dengan nada keras dan raut wajah sangat marah ".

      " karena terbawa emosi kancil pun menyumpahi ular karena perbuatannya "

       Kancil :  aku sumpahi kamu ular,, bisah                         kamu tidak akan mematikan                             lagi untuk selamanya, jadi          kamu tidak bisa lagi menggunakan bisah kamu untuk mencari mangsa, biar kamu tahu rasanya susahnya mencari makanan.

    " sejak saat itu ular sawah tidak berbisa lagi, sehingga setiap dia mencari mangsa dia hanya menggunakan tubuhnya untuk melilit mangsa agar mati "

pesan yang dapat diambil adalah

" janganlah kita berdusta kepada siapapun karena semua ada akibat dan balasannya "

     bye...

1 Komentar untuk "cerita dongeng pendek | kenapa ular sawah tidak berbisa"

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel