Iklan header

Cara ajukan pengembalian dana belanja di shopee


     Hai online shoper, apa lagi ada masalah sama orderan belanjaan kamu, terus kamu lagi bingung gimana ngatasinya, oke tenang disini aku bakal, bercerita sedikit tentang pengalaman aku ketika punya masalah ketika membeli barang di online shop yaitu belanja online di shopee.

Jadi waktu aku order  celana casual 2pcs di shopee dengan checkout Rp 262.000, sudah aku transfer lewat ATM, bukti transfer sudah ku kirim dan barangpun siap dikirim melalui J&T, dan dihari ketiga setelah dikirim oleh penjual barangpun datang,

Barangpun kubuka dan ternyata, yang dikirim cuman 1pcs, barang 1 pcs ini emang kualitasnya yah seperti yang ada dideskripsi dan gambar, tapi aku kecewa kenapa cuman dikirim 1pcs

Lantas akupun langsung menghubungi/ men-chat si penjual, tapi apa penjual tidak merespon, aku chat lagi sampai beberapa kali tapi tetep penjual tidak merespon

Nah disini aku mau jelasin gimana caranya agar kita mendapatkan barang yang belum di kirim atau kita minta pengembalian dana (uang kembali)

Ada 2 hal yang ditawarkan shopee untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggannya yaitu

1. memberikan tambahan masa garansi shopee selama 3 hari

2. Memberikan pengembalian dana (uang kembali)

Dan untuk mengakses kedua tawaran diatas syarat yang wajib kalian ketahui adalah

• kamu belum memverifikasi " pesanan diterima "

Lihat contoh gambar berikut ini

Nah apabila kamu belum memverifikasi atau mengklik ikon tersebut berarti kamu masih bisa melakukan pengembalian atau minta garansi shopee, 

Tapi apabila kamu sudah memverifikasi atau mengklik ikon tersebut maka itu sama saja kamu mengiyakan barang sudah kamu terima sepenuhnya, jadi kamu tidak bisa minta garansi shopee atau minta pengembalian dana. Dan syarat yang ke

2. Kamu harus memutuskan atau komplain di hari terakhir barang sampai

Lihat contoh gambar berikut

  Nah disitu dikatakan terima produk sebelum tanggal 23-09-2018

Jadi jika dihari terakhir yaitu tanggal 23 barang kamu masih belum sampai kamu harus segera meminta pertanggng jawaban saat itu juga yaitu dengan syarat pertama sudah terpenuhi, apabila melewati tanggal batas akhir, misal tanggal 24 kamu baru meminta pertanggung jawaban maka pihak shopee tidak akan menyanggupinya, karena sudah diluar ketentuan

Sekarang aku akan menjelaskan tentang 2 pertanggung jawaban pihak shopee atas komplain pelanggannya yang tadi sudah saya bahas yaitu

1. Meminta perpanjangan garansi shopee selama 3 hari, maksud dari perpanjangan garansi shopee disini adalah perpanjangan waktu penerimaan barang, contoh diatas batas waktu penerimaan barang adalah tanggal 23, jika kamu meminta perpanjangan waktu maka batas penerimaan barang akan menjadi sampai tanggal 26,



Nah selama 3 hari itu mungkin kamu bisa menghubungi si penjual untuk segera mengirimkan barangnya, tapi apabila si penjual masih tetap tidak merespon maka di hari terakhir penerimaan barang kamu bisa minta ajuin pengembalian dana (uang kembali) dengan syarat, seperti yang sudah ditentukan dan saya jelaskan sebelumnya yaitu kamu belum memverifikasi " pesanan diterima ", aku pikir disini sudah jelas
Lanjut ke cara kedua

2. Meminta pengembalian dana (uang kembali)
Langkah pertama klik saja ikon " ajukan pengembalian " seperti gambar berikut

Disitu kamu akan dihadapkan pilihan alasan kenapa kamu mengembalikan barang seperti : barang cacat,  belum menerima barang dan lain-lain, 

Dan supaya lebih meyakinkan pihak shopee misal saja barang cacat kamu bisa mengirim foto barang yang kamu terima

Tapi karena kasus aku barang kurang 1 jadi aku pilih " tidak menerima barang " kemudian aku jelaskan di deskripsi oposional " saya beli barang 2pcs tapi hanya menerima 1pcs, kemudian aku klik ajukan 

Nah disitu pihak shopee akan memproses kalo gak salah selama 2 hari, dengan cara pihak shopee akan menghubungi sipenjual, apabila sipenjual masih tidak merespon maka pihak shopee sendiri yang akan ambil keputusan

Nah saat itu penjual merespon dan setuju dana saya dikembalikan seutuhnya yaitu 262.000, dan yah emang benar saya langsung mendapat pengembalian dana lewat " shopeepay " 

Jadi itu masih dalam bentuk voucher belum jadi uang, nah kamu bisa mencairkannya menjadi uang dengan cara mentranser ke bank

Waktu itu kamu diminta daftar akun shoppepay dulu, jadi shopeepay sendiri memerlukan akun tersendiri yah, 

Waktu pendaftaran yang paling penting adalah informasi tentang rekening Bank yang akan ditransfer uang oleh pihak shopee, jadi sebisa mungkin gunakan rekening pribadi alias rekening sendiri, informasi rekening juga harus jelas

Seperti Nama yang digunakan harus sama dengan nama pemilik rekening yang akan ditransfer uang, terus dimintai cabang dari rekening tersebut dari cabang mana buatnya, ini juga penting dan gak boleh salah, kalo kamu gak tau rekening cabang tempat membuat rekening tersebut, kamu bisa cari tau di google,

Setelah data informasi sudah di isi dengan benar maka langkah terakhir kamu akan dimintai membuat kata sandi akun shopeepay kamu agar hanya kamu yang bisa mengakses akun shopeepay dan jadi lebih aman

Setelah akun shopeepay jadi, kamu tinggal melakukan transaksi penarikan saja dan biasanya akan dikirim besoknya dalam arti proses transfer dana ke rek. Kamu cuman sehari doang

Dan satu hal lagi yang perlu kamu tahu, jika kamu ingin langsung ajukan pengembalian dana bisa juga kok tanpa harus memperpanjang masa garansi shopee.


Oke itu tadi langkah2 cara ajukan pengembalian dana shopee jika ada masalah dengan barang, semoga bermanfaat














1 Komentar untuk "Cara ajukan pengembalian dana belanja di shopee"

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel