Iklan header

Pengalaman interview pertama kali saat melamar kerja




        Hai semua apakah kamu sedang ketar-ketir menunggu panggilan dari perusahaan tempat kamu melamar kerja, menunggu panggilan kerja adalah hal yang bikin kita harap-harap cemas di buatnya setiap hari apalagi kalau petama kali melamar kerja.

Nah kali ini aku mau cerita atau sekedar berbagi sedikit pengalaman saja temtang interview pertama kali saya melamar kerja
Dan apakah saya diterima, baca aja yah sampai akhir hehe...

Jadi waktu saya dapat info dari gup loker di facebook di daerah saya yang maaf saya tidak bisa menyebutkan daerah mana.
Waktu itu dapat loker dari perusahaan terbesar di daerah saya di bidang kontruksi atau alat bangunanlah, sebagai sales consultant.

Perlengkapan yang harus di lengkapi adalah surat lamaran kerja, CV ( riwayat hidup ), foto kopi ktp, foto kopi ijazah terakhir ( SMA ), pas foto 4x6 ( 1lembar )

Ada dua cara dalam mendaftar yang pertama kirim berkas lamaran dulu dan datang pada waktu yg di tentukan untuk interview, dan cara kedua datang langsung ke kantot membawa berkas dan langsung interview.

Nah waktu itu saya memakai cara kedua bawa berkas dan langsung interview.
Waktu itu hari senin saya berangkat beserta membawa berkas jam setengah 8 pagi, waktu yang ditentukan jam 8 pagi

Dan sesampainya disana saya berikan berkasnya, ada kira2 sekitar 30an orang pelamar, semua di suruh ke ruangan tertentu dan kemudian kita di beri kertas soal yang isinya data diri pribadi dan yang terpenting ini :

~ apakah ada orang dalam yang anda kenal.
~ apa tujuan anda ingin bergabung di peru-
   Sahaan kami...
~ apa yang anda ketahui tentang perusaha-
    an kami....
~ berapa gaji minimal yang anda inginkan..

Mungkin ini gambaran buat kamu yang ingin melamar kerja, dan waktu itu jawabanku haha... saya cuman mau ngasih sedikit saran aja dari apa yang aku alami, ini menurut saya yah cobalah jawab jangan terlalu menonjolkan diri, memang sih kalo ditanya seperti itu apalagi secara teks, pengennya ngasih jawaban yang membuat orang itu terkesan tapi jangan sampai jawabanmu terlalu sok atau istilahnya membagus-baguskan diri berlebihan gitulah, saya rasa kamu sudah paham, dan ingat ini soal teks yah belum interview

Lanjut di soal teks kedua yang berhubungan dengan pekerjaan, di soal ini saya dan semua dapat soal yang sama tentang hitung2an, waktu itu aku bisa menjawab 3 soal dari 5 soal dengan dibatasi waktu menjawab 4 menit saja

Oke setelah itu proses interview, sekian lama menunggu akhirnya saya di panggil
Yang di tanyakan kepada saya
¤> apa tujuan kamu ingin bergabung di             perusahaan ini....?
¤> sebutkan 3 kelebihan yang kamu                     miliki..?
¤> coba berikan 3 alasan kuat agar saya menerima kamu berkerja di perusahaan ini

Jawaban saya intinya aku jawab kalo perusahaan bapak cocok dengan saya begitulah kurang lebih, dan setelah itu saya di perailahkan pulang dan di beri perhatian kalo nomor saya harus selalu aktif agar bisa di hubungi, tapi sekian lama menunggu saya tak kunjung di panggil hehe... auto di tolak, oh iya saya lupa perusahaan ini hanya menerima 10 orang saja untuk magang dulu apabila kinerja baik maka akan diangkat jadi karyawan real.

Saran dari saya
Jawablah pertanyaan dengan baik tanpa harus melebih-lebihkan kelebihan diri kamu, dan kalo ada pertanyaan gaji jawablah sesuai perusahaan ingin berikan.

Demekianlah sedikit pengalaman saya saat pertama kali melamar kerja dan interview, semoga ada pelajaran yang bisa di ambil.



Belum ada Komentar untuk "Pengalaman interview pertama kali saat melamar kerja"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel