Iklan header

bagus mana SMA, SMK, atau MA

         Bingung menentukan mau melanjutkan Sekolah kemana setelah lulus SMP...?  pada dasarnya semua Sekolah itu bagus, Hanya saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih Sekolah adalah Nilai Plus apa yang diberikan oleh Sekolah itu sendiri, Dan berikut beberapa ulasan mengenai apa saja yang ada di 3 Jenjang Sekolah Menengah atas yaitu SMA, SMK, DAN MA.

✅  SMA
atau sekolah umum , Sering kita jumpai dan banyak peluang untuk mendaftar masuk dan diterima, Pembelajaran di dalamnya 60% teori, 40% praktek, untuk Jurusan Umumnya ada 2 yaitu IPA dan IPS, Tapi untuk Sekolah lain yang mungkin lebih di Favoritkan atau sering dibilang SMA Favorit, Biasanya ada Jurusan Bahasa.
   
          Dan untuk mata pelajaran Agama biasanya hanya satu Mata Pelajaran yaitu untuk Islam, Tapi Sekarang beberapa Sekolah SMA juga mengambil kebijakan dengan mengadakan pelajaran Agama yang lain seperti Kristen.

✅ SMK
          Sekolah Menengah Kejuruan dengan motto lulus Sekolah langsung kerja, yang berdasarkan pembelajaran mereka yaitu 60% praktek & 40% teori, untuk SMK mereka sangat mengedepankan praktek yang dirasa cukup bagus kedepanya. dan memang saat ini SMK jadi sangat favorit dengan alasan ketika lulus SMK mereka langsung dapat kerja walaupun sebenarnya itu tidak menjamin seratus persen.
 untuk jurusan SMK punya dua jurusan yaitu FORMAL & NON FORMAL
FORMAL➡  IPA DAN IPS
NON FORMAL ➡ OTOMOTIF , TEKNIK dan banyak yang lainnya.

          Untuk Jurusan NON FORMAL dari SMK inilah yang jadi keunggulan dan yang diunggulkan dari Sekolah ini. dengan jurusan NON FORMAL ini mereka bisa lebih berpengalaman dengan bidang bidang tertentu, yang bisa dipraktekan dalam dunia kerja nyata.

✅ MA
         Madrasah Aliyah, Sebenarnya sama dengan SMA hanya saja Sekolah ini langsung berhububgan atau dalam Naungan KEMENTRIAN AGAMA,  Jadi kalo Sekolah SMA dan SMK hanya dalam pengawasan satu KEMENTRIAN yaitu PENDIDIKAN, sedangkan MA ada 2 yaitu MENTRI PENDIDIKAN dan AGAMA.
        Sekolah ini menerapkan keseimbangan antara Pendidikan Dunia dan Agama, Dan inilah yang menjadi Nilai Plus dari sekolah ini.
          Banyak pemikiran diluar sana kalo Sekolah MA Pendidikannya berbeda dari Sekolah pada umumnya, Padahal sebenarnya sama, bahkan lebih bagus lagi.
Untuk jurusan sama yaitu : IPA , IPS, Dan untuk MA favorit atau yang sering dikenal MAN Model ada jurusan Bahasanya juga, untuk nilai kepribadian atau akhlaq disekolah ini sangat dijunjung tinggi.
Nilai Plus yang bisa didapat dari MA sangat banyak dan berikut diantaranya :

Pelajaran Agama yang banyak bukan hanya satu seperti pada Sekolah Umum lainya, Di MA Pelajaran Agamanya lebih detail seperti Aqidah Akhlak, Qur'an dan Hadits, Fiqih, dan yang lainya, Dengan itu kalian bisa lebih mendalami Agama Islam lebih mendalam, Dan memang Sekolah ini diperuntungkan untuk yang beraga islam.

- Pelajaran FORMAL sama seperti SMA di MA kalian juga akan mendapatkanya. dan gak kalah kok.

- Kepribadian jadi lebih baik, Bukan bermaksud menjelek-jelekkan Sekolah Umum, Tapi kepribadian Anak-anak yang Sekolah di MA memang lebih baik dalam segi Akhlaq,  Itu karena memang Akhlaq di Sekolah ini adalah tujuan utama Pembelajaran, Yang dimana Motto dari MA adalah senantiasa menjadikan Insan atau manusia yang berilmu dan berakhlaqul karimah atau baik.
      Dan ada satu fakta nyata yang menarik,
Kalau ternyata orang orang yang ikut menjadi anggota teroris itu biasanya berasal dari Sekolah Umum bukan MA, Kenapa itu bisa terjadi karena pengetahuan Agama pelajar MA itu luas dan mereka tau lebih mendalam tentang Agama mereka.

       Sekian ulasan dari ketiga Jenjang Sekolah Menengah Atas yang bisa jadi pertimbangan ingin masuk kemana....
Dan ingat pada dasarnya semua Sekolah itu baik dan tinggal kita sendiri bagaimana menjalaninya,  Yang Penting adalah dari ketiganya Nilai plus apa yang ingin kalian miliki. oke Terima Kasih dan semoga membantu.

Belum ada Komentar untuk "bagus mana SMA, SMK, atau MA"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel