Iklan header

Cara mengatasi sifat pendiam

time is alone

        Manusia pada dasarnya terbagi jadi Tiga kepribadian yaitu Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert. Dan orang orang yang memiliki  " sifat pendiam " itu termasuk kedalam Golongan Introvert, secara singkatnya Introvert adalah kepribadian yang tertutup.
     
        Kepribadian Introvert terkenal dengan sifat pemalu, minder, dan pendiam, tapi hal yang paling menonjol dari sifat Introvert adalah sifat pendiamnya, kalo orang yang memiliki sifat ekstrovert atau terbuka mereka bisa pemalu atau juga minder tapi bukan pendiam, dalam arti disini mereka lebih aktif, oleh karena itu kebanyakan orang sering menyebut orang berkepribadian Introvert dengan sebutan " Pendiam ".

         Sebelum Saya membagi Tips cara mengatasi sifat pendiam, ada baiknya kita mengetahui dulu Ciri-Ciri Orang Pendiam, apakah anda termasuk, Berikut ciri-cirinya:

# Susah bergaul,  itu disebabkan karena seringnya kamu menyendiri, yang bisa jadi karena memang tidak suka keramaian, atau pun memang tidak tau cara  'bergaul', karena kenyataannya " ada orang yang memang tidak mengerti cara bergaul dengan orang lain ", Dan kemudian mereka menarik diri.

sering melamun, jika kamu sering dibilang orang melamun itu tandanya kamu 'pendiam',  kenapa kamu melamun, itu sejujurnya karena kamu tidak tahu apa yang kamu hadapi dan apa yang harus kamu lakukan,   keinginan ingin itu bisa seperti ini dan itu yang tidak bisa kamu lakukan membuat kamu " Berimajinasi ", dan seakan-akan Imajinasimu itu menjadi nyata. Dan karena kuatnya Imajinasi kamu sehingganya kamu menjadi larut dalam Imajinasi itu dan nyaman dengan Imajinasimu ketimbang kenyataan yang kamu hadapi.

# Kelihatan murung, kamu yang Pendiam terkadang pintar berakting dihadapan orang lain, Seakan-akan kamu baik baik saja, padahal sejujurnya hatimu merasa sangat kesepian dan sedih, Namun pada akhirnya aktingmu akan terbongkar dan raut wajahmu akan memurung karena kamu tidak mungkin bisa berakting terus kan, kamu akan terlihat letih dan lesu oleh orang lain.

Jarang beraktifitas atau hipoaktif, kamu sering dirumah dan jarang melakukan aktifitas, Itu semua terjadi karena memang kamu seperti tidak mempunyai minat terhadap apapun, yang kamu bisa lakukan hanya sebatas rutinitas-rutinitas biasa pada umumnya, seperti makan, mandi, bersih bersih rumah itu itu saja.

# Sering tertekan, Seringnya berdiam diri dan menarik diri membuat pikiran kamu menjadi Negatif, Kamu menganggap orang orang di sekitarmu tidak perduli dengan kamu, dan kamu merasa terasing atau diasingkan orang disekitar atau suatu pergaulan. itu membuat hatimu merasa sangat sepi dan jenuh.
   
       Jika kamu mengalami seperti yang disebutkan diatas, itu berarti kamu memang pendiam, dan memang menjadi pendiam, itu sangat tidak enak dan menyiksa, Lalu bagaimana cara mengatasinya, Saya punya tipsnya, Tapi tips yang Saya bagikan ini tidak bisa langsung menghilangkan sifat pendiam kamu karena sejatinya semua itu perlu proses, Dan tips yang Saya bagikan bukan berarti membuat kamu Seratus Persen berubah, Melainkan sedikit atau lumayannya mengurangi sifat pendiam kamu yang berlebihan, karena sebetulnya sifat seseorang tidak bisa dirubah seutuhnya. Tapi jangan khawatir dengan tips Aku ini mungkin akan lumayan membantu buat kamu, Oke lansung saja ini tipsnya :

1. terima diri kamu apa adanya,
ini langkah awal yang harus kamu lakukan, jika kamu tidak bisa menerima dirimu sendiri, bagaimana orang bisa menerima kamu..., kamu harus bisa menerima kekuranganmu apapun itu, kamu dan orang lain sama sama punya kekurangan kok, Jangan selalu terfokus akan kekuranganmu itu buang buang waktu saja. Fokuslah sama kelebihan yang kamu miliki, dan kalau kamu tidak tahu kelebihanmu, mungkin kamu bisa tahu dari apa hobimu.

2. rubah mindset atau pola pikir kamu,
Rubah pola pikir kamu yang tertutup menjadi lebih terbuka, mungkin kamu selama ini enggan bercerita cobalah untuk menceritakan dirimu ke orang lain, sehingga mungkin orang lain bisa mengerti kamu dan tidak menjauhimu lagi.

3. paksa diri kamu untuk bicara atau sekedar ngumpul dengan orang disekitarmu, Jangan berpikir macam macam lakukan saja,karena semua yang kamu pikirkan belum tentu benar kan.

4. berpikir positif, apa yang kamu pikirkan bisa dirasakan oleh orang lain, Jika kamu menganggap dirimu aneh maka orang lain juga akan menganggap kamu aneh juga,  karena mereka bisa merasakan " vibrasi " atau pancaran dari apa yang kamu pikirkan, dan sebaliknya jika kamu berpikiran kamu sama dengan mereka, tenang dan merasa asik, pancaran atau Vibrasi yang kamu pikirkan akan dirasakan orang disekitar kamu.

4. perbaiki cara berkomunikasi kamu, inilah faktor terpentingnya, kebanyakan pendiam susah mengungkapkan pikiran mereka , coba latih cara kamu berbicara dengan mendengarkan bagaimana orang orang ketika berbicara, Kemudian praktekan ke orang lain yang mungkin kamu kenal. Mungkin di dunia maya kamu sangat lihai berbicara tapi itu tidak di kehidupan nyata. Kamu bisa melatih Komunikasi kamu dengan ikut Berdagang atau menjadi Seorang Marketing, Dan cara ini sangat bekerja, Sudah banyak orang yang dulunya pendiam, menjadi sangat aktif berbicara karena komunikasi kamu akan terlatih dengan seringnya kontak langsung kepada pelanggan atau konsumen dalam pekerjaan kamu.

5. cobalah tetap tenang jika berada dengan orang banyak, Terkadang banyaknya orang berbicara disekitar kamu  membuat kamu bising dan tidak nyaman, Dan juga membuat kamu ingin segera pergi menghindar, Dan yang kamu bisa lakukan agar tetap tenang adalah dengan menghirup udara secara perlahan dan menghembuskanya dengan perlahan, dan itu cukup membantu.

6perbaiki penampilan kamu, Maaf sekali kebanyakan orang pendiam penampilanya terlihat kusam dan kumel, Itu semua karena kamu kurang bahkan tidak perduli terhadap penampilan, Penampilan yang bagus, secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang ". Berpenampilan bagus bukan berarti kamu harus tampil bak seorang artis, bukan seperti itu, yang penting pakaian yang kamu pakai bersih, rapi, badan kamu juga terawat dan tidak bau itu sudah cukup.

7Jangan merendahkan diri, Ini dia yang membuat kamu malas dan takut mencoba, ketika kamu ingin mencoba bergaul kamu sering merasa kalau kamu tidak setara atau se level dengan mereka, Mungkin karena kamu melihat mereka ganteng, keren, kaya atau sebagainya, percayalah semua manusia di dunia ini sama dimata Tuhan, yang membedakan adalah tingkat keimanan seseorang selain itu kita sama, Mereka punya hati dan ego sama kamu juga punya, Itu semua tergantung kamu sendiri mau maju apa tidak.

8tetap bersyukur dan mendekatkan diri kepada yang Maha kuasa , Memang hidup itu kejam dan terkadang terasa tidak adil, Mungkin kamu merasa ujian atau cobaan hidup yang kamu alami sangat berat dibanding orang lain, Tapi kamu harus tau kalau bukan kamu saja yang mendapat cobaan dan ujian yang berat itu, Banyak orang diluar sana yang dapat ujian yang sama beratnya seperti kamu bahkan lebih berat, Karena Sesungguhnya Tuhan yang Maha kuasa yaitu Allah Swt. tidak akan memberi cobaan kepada hambanya diluar kemampuanya.

9.  jangan takut gagal, Ketika kamu ingin mencoba tips yang Saya berikan, kamu mungkin merasa sulit dan merasa akan gagal, Tapi percayalah semua orang punya rasa takut dan semua orang pernah gagal, gagal dalam hidup itu sudah biasa, Teruslah berusaha, Sebab jika kamu tidak mencoba bagaimana kamu akan tahu dan dapat hasil, Kalau kamu gagal mungkin Hikmahnya kamu tahu dimana letak kegagalan itu dan kemudian kamu bisa memperbaikinya bukan, Makanya ada pepatah mengatakan " lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali ".

          Sekian tips yang bisa Saya sampaikan semoga bisa membantu kamu dan jangan lupa untuk bahagia.  Dan kalau kamu ingin berbagi cerita, Silahkan komen di bawah karena dengan senang hati Saya akan menanggapinya.  Sekian selamat mencoba.

       

7 Komentar untuk "Cara mengatasi sifat pendiam "

  1. Makasih infonya.. aku suka kalo ente bahas yg masalah pendiam, soalnya itu kepribadian aku😂

    BalasHapus
  2. Trimakasih bang..
    Dalam soal berkomunikasi itu bang yang susah bang.. blum lagi apa kah yg kita bicarakan itu nyambung atau tidak... menvcari tema dalam percakapan disana aku juga binggung bang... takut kalo trus kita cerita malah g nyambung... sama ini bang kenapa ya bang aku susah sekali untuk berkosentrasi pada saat saat yang penting.. mohon saran dan masukan ya bang..balas ya bang.
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasikhin kalo dari aku belajar basa basi aja dulu, sesuaikan basa basi kamu dengan orang yang kamu ajak bicara, dan yang penting tunujukan ekspresi kalau kamu tertarik berbicara ama orang yang kamu ajak bicara, coba deh kamu perhatikan orang2 kalo lagi ngobrol itu biasanya basa basinya seperti apa sama ekspresi mereka gimana, sebisa mungkin ekpresif dan tidak terkesan dibuat buat agar orang nyaman, kalau ada yang mau ditanyakan lagi silahkan....

      Hapus
    2. Bagaimana bang cara menampilkan ekspresi agar lawan bicara kita tertarik... sedang saya ini ekspresi nya aja datar.. bang

      Hapus
    3. Jangan banyak pikiran kalo lagi ngobrol, jangan maksa rileks aja, anggap aja orang yang kamu ajak ngobrol adalah orang terdekat kamu

      Hapus
berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel