Iklan header

Belajar bahasa indonesia pasaran atau tidak baku ala orang indonesia timur


Bagiinfodansolusi


      Jika anda bukan orang indonesia timur dan mungkin saat ini sedang berada di wilayah timur indonesia, dan anda ingin mengerti logat dan bahasa mereka maka anda tepat berada di artikel saya kali ini.

Disini saya tidak membahas bahasa daerah, melainkan bahasa umum yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat indonesia timur

Sebenarnya bahasa yang mereka pakai sama halnya dengan bahasa indonesia pada umumnya hanya saja ada sedikit improvisasi,

Kita tahu orang indonesia timur itu cara berbicaranya cepat, dan karena itu terkadang kita yang masih awam yang berasal dari indonesia barat pasti sedikit kesulitan memahami apa yang di sampaikan

Tapi sekarang saya akan memberikan tips dan pengetahuan cara berbicara ala orang indonesia timur sebagai berikut :

>> singkatan kata dalam berbicara, yah kata-kata dalam percakapan itu ada yang disingkat itulah kenapa mereka bisa menyampaikan sebuah pesan secara cepat, contoh :
Saya disingkat sa
Kamu jadi kow
Sudah jadi so/su
Pergi (pigi) jadi pi

>> pembacaan huruf e, huruf e sendiri ada 2 konsonan atau cara membacanya (ě) pada bebek dan (ê) belum, nah orang indo timur sering membaca kata yang ada huruf e nya dengan (ě) pada bebek.

>> tatanan kata yang berbeda pada kalimat kepunyaan, untuk kalimat obrolan atau lainnya sama tapi khusus untuk kalimat yang berarti kepunyaan itu tata caranya beda, berikut susunan kalimat beserta contoh

Setiap hal yang berunsur kepunyaan harus ada kata (pe) yang artinya punya,
Rumusnya :
subjek + pe + objek/keterangan
Contoh :
~Kakakku pergi keluar
- Kta (saya) pe kaka pigi/pi kaluar

~ Itu handphone aku jangan kamu ambil
- tu kta pe handphone jangan kow ambe

~ itu bapak kamu...?
- tuh kow pe pace (bapak)...?

Intinya adalah untuk kalimat yang berarti kepunyaan harus menggunakan kata pe dengan rumus seperti yang sudah saya jelaskan barusan.

Oke satu pengetahuan lagi, untuk logat tergantung bagaimana kemampuan verbal anda, karena setiap orang punya kemampuan verbal yang sama dan juga ada yang berbeda-beda, jadi ada yang bisa menirukan logat bahasa dengan cepat ada yang butuh waktu lama, bahkan ada yang memang tidak bisa menirukan logat bahasa lainnya atau sudah kental dengan logat bahasanya sendiri. Tapi..

Dengan dasar ini mungkin anda akan lebih cepat mengerti tentang percakapan orang indo timur dan mungkin bisa membantu anda lebih cepat bisa berbicara layaknya orang indonesia timur.

Belum ada Komentar untuk "Belajar bahasa indonesia pasaran atau tidak baku ala orang indonesia timur"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel